MENGENAL LEBIH DEKAT RAM ECC, CARA KERJA, DAN KELEMAHANNYA

Terkadang kita suka melihat banyak pilihan memori yang tersedia dipasaran, dan salah satunya hadir dalam bentuk ECC memory. Penggumãng cầu yang sudah terbiasa dengan dunia PC mungkin mengenalnya secara pasti, namun nyatanya banyak juga dari kita masih awam dengan hal tersebut. Jadi, dalam artikel ini, mari kita ungkap sekilas pengertian tentang Memori ECC.

Bạn đang xem: Mengenal lebih dekat ram ecc, cara kerja, dan kelemahannya

Kehadiran jenis tipe memori ECC biasanya hadir untuk komputaham server, dimamãng cầu jenis komputer skala besar ini memiliki banyak data untuk diolah dan diatur sebagai terminal utama dari banyaknya arus masuk dan keluar sebuah atau sekumpulan data. Ibaratnya, server itu layaknya sebuah stasiun kereta yang sangat besar, jadi untuk menghindari banyak kesalahan, pilihan komponen yang dimiliki oleh sistem ini biasanya memiliki perangkat yang stabil, mampu mengatur sethiết lập hal secara baik.

Baca juga : Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Latency và Kecepatan Memori

Jadi, Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Memori ECC itu?

Secara harfiah, memori ECC memiliki kepanjangan dari Error-correcting code memory, dimamãng cầu ini merupakan jenis penyimpanan data komputer yang dapat mendetektê mê dan memperbaiki jenis-jenis korupđam mê data internal yang paling umum. Memori ECC digunakan di sebagian besar komputer di mana korupmê mệt data tidak dapat ditoleranmê mệt dalam keadaan apa pun, seperti untuk komputađam mê ilmiah atau keuangan.

Biasanya, jenis memori ECC mempertahankan sistem memori yang kebal terhadap kesalahan satu bit: data yang dibaca dari setiap kata selalu sama dengan data yang telah dituliskan ke dalamnya, bahkan jika satu atau lebih bit yang sebenarnya disimpan telah dibalikkan ke bagian yang salah. Kenyataannya, sebagian besar memori non-ECC tidak dapat mendetekham mê banyak kesalahan, meskipun beberapa memori non-ECC dengan dukungan paritas memungkinkan detekmê man, namun mereka biasanya tidak memiliki korekđam mê.

Xem thêm: Cách Crack Win 8 /8 - Cách Active Windows 8/8

Perbedaan antara memori ECC dan non-ECC (non-paritas)?

Seperti apa yang telah kami jelaskan diatas, memori ECC dapat mendetekham beberapa kesalahan dalam data yang dikembalikan dan ia benar-benar bisa memperbaiki kesalahan tersebut. Itu karena memori ECC biasanya memiliki 8 bit ekstra untuk mendukung ECC. Hanya saja, pengguna yang menginginkan pilihan memori ECC harus memiliki mobo dengan dukungan penuh untuk ECC, dan sesở hữu memori dalam sistem juga dapat didukung secara aktif. Biasanya, spesifikamê mệt board sistem akan memberi tahu penggumãng cầu apakah kita dapat menggunakan ECC atau tidak.

Menggunakan ECC biasanya menurunkan kinerja PC Andomain authority sekitar 2%. Namun, DRAM dengan teknologi ini sangat stabil dan kesalahan memori jarang terjadi, dan yang paling penting, memori ECC hanya diperlukan dalam lingkungan misi kritis seperti VPS web. Ini berfungđắm say jauh dari kata banyak bermanfaat bagi pengguna rata-rata di lingkungan rumahan. Itulah makanya jenis memori ini banyak dipakai di perusahaan.

*

Namun, terkadang penggumãng cầu juga memiliki sistem hệ thống dirumah mereka sebagai pilihan komputađắm đuối hệ thống skala kecil, sehingga pilihan memori ECC tentu sangat ikhuyến mãi untuk kebutuhan tersebut. Hanya perlu diperhatikan bahwa, andomain authority harus mencocokkan jenis memori yang sudah terpasang trọng di sistem. Jika Andomain authority tidak yakin apakah andomain authority memiliki ECC atau non-ECC, hitung jumlah chip IC hitam kecil yang terpaquý phái pada salah satu batang memori yang ada. Jika jumlah chip di satu siđam mê genap, seperti 4 atau 8, berarti anda memiliki memori non-ECC. Jika jumlah chip di satu sisay đắm TIDAK sama, seperti 9, Andomain authority memiliki ECC.

Jadi, Apage authority Yang Bisa Kita Ambil Dari Setải Hal Yang Telah Kita Bicarakan?

Intinya, jika anda sedang membangun PC dan berencamãng cầu untuk menggunakan sistem sebasợi hệ thống, memiliki memory ECC memiliki keuntungan tersendiri dengan menghadirkan sistem yang sangat stabil dan akan memastikan integritas data . Namun, jika anda berencamãng cầu untuk menggunakan PC sebagai aplikaham mê rumahan, kantor, atau permainan biasa, pilihan paling ikhuyễn mãi giảm giá adalah memilih memori non-ecc.